Program Studi Sosiologi Universitas Mataram mempunyai fokus kajian pada Masyarakat Pesisir dan Kepulauan yang sejalan dengan Rencana Induk Penelitian (RIP) Universitas Mataram. Hal ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih positif bagi daerah dan bermanfaat bagi masyarakat dan permasalahan-permasalahan yang ada khususnya NTB dan umumnya Indonesia yang merupakan daerah kepulauan.

Perumusan capaian pembelajaran (CPL) ini didasari oleh hasil evaluasi kurikulum Program Studi Sosiologi melalui pengukuran ketercapaian CPL yang sedang berjalan, tracer study dan masukan-masukan dari hasil rapat yang dilakukan pada 2020 yang telah bersama para pihak yaitu; dosen, alumni, APSSI dan stakeholders. Di sisi lain evaluasi kurikulum juga mengkaji perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang yang relevan, visi dan misi serta disesuaikan dengan fokus kajian Universitas Mataram, maka didapatkan rumusan profil lulusan yang akan menjadi tujuan penyelenggaraan Program Studi yang dikenal dengan Program Educational Objectives (PEO)sebagai berikut:

  1. Sarjana Program Studi Sosiologi Universitas Mataram mampu menjadi Peneliti, Perencana Sosial dan Pemberdaya Masyarakat yang adaptif terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  2. Sarjana Program Studi Sosiologi Universitas Mataram mampu menjadi Peneliti tentang Permasalahan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat pada masyarakat pesisir dan kepulauan yang adaptif terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  3. Sarjana Program Studi Sosiologi Universitas Mataram mampu menjadi Perencana Sosial tentang Permasalahan dan Pemberdayaan Masyarakat pada masyarakat pesisir dan kepulauan yang adaptif terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  4. Sarjana Program Studi Sosiologi Universitas Mataram mampu melakukan Pemberdayaan pada masyarakat pesisir dan kepulauan yang adaptif terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menerapkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi scientific hasil kajian di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu betanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin keahlian dan mencegah plagiasi
  10. Mengelola SDM di suatu organisasi dan masyarakat untuk dapat melaksanakan pembangunan sosial.

  1. Mampu menganalisis dan memetakan permasalahan sosial
  2. Mampu menerapkan metode penelitian dan teori sosial untuk penelitian sosial
  3. Mampu menyusun laporan hasil penelitian/laporan akhir kegiatan
  4. Mampu mempresentasikan hasil penelitian secara ilmiah
  5. Mampu mengaplikasikan teknologi dalam penelitian sosial
  6. Mampu membuat perencanaan sosial yang matang dalam proyek melibatkan berbagai pihak (pemangku kebijakan/stakeholders)
  7. Mampu menerapkan metode dan teori sosial dalam pemberdayaan masyarakat
  8. Mampu bekerjasama dan membangun jaringan kerja dalam Masyarakat
  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggungjawab pada negara dan Bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Mampu menjaga etika penelitian dan menjalankan kode etik peneliti sosial
  1. Menguasai konsep-konsep dasar sosiologi
  2. Menguasai teori dan perspektif sosiologi dalam realitas sosial
  3. Menguasai metodologi penelitian sosial
  4. Menguasai konsep pemberdayaan masyarakat
  5. Menguasai pemetaan sosial
  6. Menguasai konsep permasalahan sosial
  7. Menguasai konsep dan teori perencanaan sosial