Sosiologi.unram.ac.id- Mataram.Mahasiswa Program Studi Sosiologi Universitas Mataram yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HIMASOS) telah menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Sosiologi 2018 se-Pulau Lombok 17 Oktober 2018 dengan mengangkat tema Membangun Nalar Kritis dengan Landasan Sosiologis Menuju Generasi NTB yang EKSIS (Edukatif, Sportif dan Inovatif). Kegiatan Olimpiade Sosiologi  tersebut digelar sebagai suatu ajang untuk memperkenalkan Sosiologi di NTB dan suatu ajang  kompetisi yang sehat bagi siswa-siswi se-Pulau Lombok. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari segenap civitas Akademik Universitas Mataram, Prodi Sosiologi dan mendapatkan apresiasi yang baik dari siswa-siswi dan para pendamping olimpiade Sosiologi 2018.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08:00 WITA, dihadiri oleh seluruh dosen Program Studi Sosiolgi dan 23 sekolah se-Pulau Lombok serta para pendamping peserta Olimpiade Sosiologi 2018. Pada acara pembukaan tersebut, Arwan Rosyadi,S.sos.,M.A dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pada tahun ini program studi sosiologi telah menyudisium 7 orang dari angkatan pertama tahun 2014. Selain itu, ia juga mengungkapkan meskipun program studi sosiologi masih berdiri 5 tahun, namun mahasiswanya memiliki banyak prestasi, salah satunya pada bulan oktober 2018 lalu, berhasil meraih persentasi terfavorit dalam kegiatan  Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 31 di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula UPT Perpustakaan Universitas Mataram. Kegiatan Olimpiade Sosiologi se-Pulau lombok ini merupakan kegiatan Olimpiade yang ke-3 yang telah diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sosiologi. Kegiatan Olimpiade tahun ini berbeda dengan Olimpiade yang diselenggarakan pada tahun 2017 lalu, karena konsep kegiatan Olimpiade tahun ini dikombinasikan dengan Debat Sosiologi. Selain itu, kegiatan Olimpiade tahun ini juga dirangkaikan dengan Lomba Foto tingkat SMA/MA se-Pulau Lombok.

Kegiatan Olimpiade Sosiologi tahun ini dilakukuakn secara ber tim. Tiap tim terdiri dari tiga orang siswa dari setiap sekolah. Pada babak penyisihan, terdapat 23 sekolah yang mengikuti tes tulis. Kemudian dikerucutkan menjadi 8 sekolah yang berhak masuk ke babak semifinal yakni debat soiologi. Dari 8 sekolah tersebut, dikerucutkan menjadi tiga besar. Dimana, Juara  satu Olimpiade tahun ini dimenagkan oleh SMAN 1 Narmada dengan mendapatkan total hadiah 2 juta, juara 2 dimenagkan oleh MAN 2 Mataram dengan total hadiah 1.500 ribu dan juara 3 dimenangkan oleh SMAN 1 Selong dengan total hadiah 1 juta. Kegiatan ini ditutup pada pukul 17: 30 WITA, diikuti sesi foto bersama pemenang, peserta, dewan juri, dosen program studi sosiologi dan panitia penyelenggara Olimpiade Sosiologi 2018.