Peduli Dengan Pariwisata, Prodi Sosiologi Unram Menyelenggarakan Seminar Nasional Dengan Tema: Pengembangan Pariwisata Bahari Berbasis Masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin (29/4/2024) di Gedung Soebyanto, Universitas Mataram pukul 8.00 Wita. Kegiatan dihadiri oleh Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang diwakili oleh Ketua Program Studi Sosiologi, Ir. Syarifuddin, M.Si, Guru Besar Sosiologi Universitas Mataram, Prof. Lalu Wiresapta Karyadi, M.Si, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Chandra Aprinova, A.Ks,.Mp., dan Founder Sunrise Land, Qori’ Bayyinaturrosyi, M.S.c. Selain itu, kegiatan juga dihadiri oleh dosen-dosen Prodi Sosiologi, tamu undangan serta mahasiswa.

Kegiatan dimulai dengan laporan Ketua Panitia Senmasosio ke-3, dilanjutkan dengan sambutan serta dibuka oleh Ketua Program Studi Sosiologi. Senmasosio diawali dengan pembahasan dari pemateri pertama yang membahas mengenai konsep pariwisata secara umum dan dilanjutkan dengan melakukan problematisasi isu pariwisata di wilayah Nusa Tenggara Barat. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai pengembangan pariwisata berbasis Masyarakat dan problematika Masyarakat yang bersentuhan dengan pariwisata di Pantai Labuan Haji, Lombok Timur oleh pemateri kedua. Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang melibatkan dosen, mahasiswa dan pemateri.

Usai melaksanakan kegiatan utama, Senmasosio ke-3 juga membuka sesi parallel untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempresentasikan hasil atau temuan penelitian mereka. Sesi ini dibagi menjadi tiga ruangan, Dimana masing-masing ruangan berisi mahasiswa-mahasiswa yang mempresentasikan penelitiannya dan dipandu oleh moderator yang telah ditetapkan oleh panitia.

Senmasosio ke-3 juga memiliki output mempublikasikan artikel-artikel ilmiah yang telah dipresentasikan melalui prosiding sehingga dibutuhkan persiapan lain. Beberapa yang sudah dilakukan dalam konteks ini mencakup melakukan penyaringan artikel ilmiah, melakukan templating atau menyesuaikan artikel sesuai dengan format yang telah ditentukan dan kemudian mengunggah Kumpulan artikel dalam bentuk prosiding