Program Studi (Prodi) Sosiologi Universitas Mataram (UNRAM) menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Sosialiasi Pengarusutamaan Gender Sebagai Upaya Membangun Desa Adel Gender” di Desa Sapit, Lombok Timur, pada Kamis, (28/7/2022).

Peserta pengabdian adalah ibu-ibu yang sebagian besar telah berumah tangga. Rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah Sosialisasi dan Fokus Group Discussion (FGD) yang bertujuan untuk memetakan kelompok-kelompok sosial yang ada di Desa Sapit dan keterlibatan perempuan dalam kelompok-kelompok sosial tersebut.

Kegiatan ini digagas oleh Nila Kusuma, S.Pd. M.Sosio., Ir. Siti Nurjannah, M.Si. dan Solikatun, S.Pd., M.Si. Mereka mengungkapkan bahwa para perempuan harus berani turut serta dalam kegiatan pembangunan desa. Tidak hanya sebagai penonton namun juga turut serta dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan itu sendiri.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu mewujudkan keadilan gender pada ruang-ruang public serta mewujudkan Kebijakan desa yang responsive gender. “Selain dua poin tersebut, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan peran ibu dalam pengasuhan dan pendidikan anak sehingga tidak ada anak yang putus sekolah dan tidak ada anak yang menikah di bawah usia 19 tahun” tandas Nila.