Istilah citation atau sitasi tentu tidak lagi asing dalam dunia akademik. Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sitasi atau kutipan merupakan suatu proses mengambil satu kalimat atau lebih dari karya tulisan lain untuk tujuan ilustrasi atau memperkokoh argumen dalam tulisan sendiri. Singkatnya, dalam penulisan karya ilmiah tentu kita pernah mengambil ide, argumen, dan hasil penelitian orang lain untuk mendukung analisis dalam karya tulis kita. Dalam menggunakan ide tersebut tentu kita membutuhkan adanya sitasi agar tidak dianggap plagiasi.

Sitasi dapat diambil dari berbagai sumber seperti buku, audio visual, media online, wawancara dan lain sebagainya. Namun, tidak jarang para akademisi baik dosen atau mahasiswa terjebak dalam tindak plagiasi yang tidak disengaja karena kurang berhati-hati dalam menuliskan sitasi atau kutipan. Untuk mempermudah pengaplikasian sitasi, banyak perangkat lunak yang menawarkan berbagai fitur yang memudahkan penulis untuk melacak keaslian referensi yang digunakan salah satunya adalah Mendeley. Mendeley merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai reference manager. Melalui Mendeley, kita dapat mengelola referensi yang ada dengan mudah.

Program Studi Sosiologi Universitas Mataram merilis Panduan Penggunaan Mendeley yang diperuntukan bagi para mahasiswa dalam menunjang kualitas tulisan akademik. Berikut link untuk mengakses Panduan Penggunaan Mendeley https://bit.ly/3OETOtr