Dosen Prodi Sosiologi Unram melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Sekotong Barat, Lombok Barat, pada Sabtu (16/7/2022) lalu. Kegiatan ini digagas oleh Maya Atri Komalasari, S.Sos., M.A., Ir. Rosyadi Husaini Sayuti, M.Sc. Ph.D, dan Azhari Evendi, S.Sos., MA. Pengabdian masyarakat kali ini mengusung tema Penguatan Kepercayaan Diri Perempuan Pesisir untuk Berperan dalam Pembangunan di Desa Sekotong Barat. Menurut Maya, Desa Sekotong Barat dipilih sebagai lokasi pengabdian masyarakat karena termasuk dalam salah satu wilayah tertinggal. Kondisi perempuan di Desa Sekotong Barat cukup memprihatinkan karena mengalami sejumlah kendala-kendala seperti akses transportasi dan informasi.

Tujuan utama kegiatan ini ialah untuk meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan dan menyelesaikan permasalahan ketimpangan. “Kegiatan pengabdian ini menarik karena ketimpangan yang terjadi di pesisir dan itu tentunya berdampak pada perempuan. Dengan penguatan kepercayaan diri sebagai pondasi dasar merupakan salah satu strategi agar perempuan berani menyuarakan aspirasinya sehingga terlibat dalam berbagai proses pembangunan” jelasnya.

Pengabdian masyarakat tersebut berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon positif dari para peserta yang berasal dari kalangan perempuan remaja hingga dewasa. “Mereka sangat antusias dan aktif, ini terlihat dari diskusi yang bergulir selama kegiatan berlangsung,” tandasnya.